Daftar Makanan untuk Kelinci

 1. Daun Pepaya

Rekomendasi makanan kelinci berikutnya adalah daun pepaya. Daun ini memiliki kandungan vitamin vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium dan fosfor untuk menunjang kesehatan kelinci agar tidak terserang penyakit.

 2. Daun Lobak

Daun-daunan lainnya yang bisa kamu berikan pada kelinci peliharaanmu adalah daun lobak. Daun ini memberikan perlindungan antibodi pada kelinci peliharaan kamu untuk tetap sehat dan lincah.

3. Rumput

Salah satu makanan untuk kelinci yang sangat mudah di dapatkan adalah rumput. Rumput merupakan salah satu pilihan pakan untuk kelinci yang kaya akan serat dan baik untuk menurtisi kelinci terutama kelinci yang tengah mengandung ataupun menyusui. 

Pilihan rumput yang baik untuk makanan kelinci antara lain jelis rumput alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, ataupun rumput kering atau jerami yang banyak diperjualbelikan sebagai makanan kelinci. Namun, pastikan rumput yang Toppers berikan pada kelinci kesayangan bebas dari pestisida, ya!

4. Kangkung

Sayuran adalah alternatif makanan untuk kelinci yang tak kalah baik untuk gizi kelinci. Namun, tak semua sayuran bisa Toppers berikan pada kelinci peliharaan. 

Salah satu sayur yang disukai kelinci dan juga baik untuk nutrisinya adalah sayur Kangkung. Meskipun bergizi, pastikan Toppers selalu memberikan variasikan sayuran pada makanan kelinci untuk memastikan keseimbangan gizi dan nutrisi kelinci.

 5. Seledri

Selain Kangkung, sayuran lain yang bisa Toppers kombinasikan dalam menu makan kelinci kesayangan adalah seledri. Tak hanya kaya akan vitamin, seledri juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kelinci. Tekstur batang seledri yang renyah juga merupakan salah satu alasan kelinci sangat menggemari sayuran hijau satu ini.

 6. Selada

Tak kalah menyegarkan dan menyehatkan dari sayur-sayuran sebelumnya, ada pula Selada yang bisa jadi pilihan untuk makanan sehat kelinci selanjutnya. 

Kaya akan mineral dan vitamin, selada bisa Toppers variasikan bersama seledri, kangkung, ataupun makanan kelinci lainnya untuk memperkaya asupan gizi kelinci kesayangan.

 7. Buah Pepaya

Selain sayur-sayuran, buah-buahan adalah pilihan makanan untuk kelinci yang juga menyehatkan. Salah satu buah-buahan yang bisa Toppers berikan pada kelinci adalah pepaya. Kaya serat dan vitamin, buah pepaya tak cuma mudah didapatkan namun juga baik untuk pencernaan kelinci.

8. Buah Apel

Apel adalah buah-buahan lain yang juga disukai oleh kelinci. Untuk penuhi asupan vitamin kelinci, Toppers bisa tambahkan potongan buah apel baik apel hijau ataupun apel merah pada menu makanan kelinci. Namun, pastikan apel yang Toppers berikan dalam keadaan segar dan bebas dari pestisida agar kelinci justru tidak terjangkit gangguan kesehatan.

9. Tomat

Tomat adalah makanan yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang tak cuma baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kelinci, tapi juga bisa membantu tumbuh kembang kelinci yang masih anak-anak. 

Jadi, untuk kelinci kamu yang masih kecil, tak ada salahnya tambahkan sebuah tomat dalam menu makan kelinci setiap harinya.

10. Kol

Alternatif makanan untuk kelinci selanjutnya yang kalah sehat dan juga digemari kelinci adalah kol, atau yang sering juga dikenal dengan nama kubis. Baik kubis hijau atau kubis ungu, kedua sayuran ini bisa Toppers jadikan variasi menu makan agar si kelinci tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. 

11. Jagung dan Biji-bijian lainnya

Tak cuma sayur-sayuran dan buah-buahan, biji-bijian seperti jagung juga bisa jadi alternatif pilihan untuk makanan kelinci, lho. Selain jagung, kacang-kacangan juga bisa diberikan sebagai makanan pada kelinci. 

Namun, pastikan kacang-kacangan tersebut dihaluskan terlebih dahulu agar lebih mudah dimakan kelinci, ya. Kaya akan kalori dan berbagai nutrisi lainnya, pemberian pakan jenis ini haruslah Toppers batasi agar kelinci tidak menjadi obesitas.

12. Brokoli

Satu lagi makanan kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kelinci adalah sayur brokoli. Tak cuma menyehatkan, brokoli sendiri termasuk salah satu pilihan sayur yang bisa Toppers jadikan menu makanan pada kelinci bersama sayur-sayuran lainnya. Serat pada brokoli ini juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan pada kelinci. 

13. Ubi Jalar

Umbi-umbian memang salah satu pilihan makanan favorit kelinci. Selain wortel, umbi-umbian lainnya yang bisa Toppers jadikan makanan untuk kelinci kesayangan adalah Ubi Jalar. 

Mengandung kalori, serat tinggi, serta ragam vitamin dan mineral, makanan untuk kelinci satu ini dipercaya mampu berperan sebagai obat sembelit untuk kelinci. Selain itu, ubi jalar juga dapat membantu menyerap lemak dan kolesterol pada kelinci.

 Jadikanlah ubi jalar sebagai menu mingguan untuk memberikan variasi makanan pada kelinci kesayanganmu.

 14. Wortel

Pilihan makanan untuk kelinci yang terakhir tentu saja wortel. Kesukaan kelinci pada makanan satu ini bukanlah mitos belaka karena kelinci memang sangat menggemari umbi-umbian satu ini. Tak hanya disukai, asupan wortel ternyata juga baik untuk kesehatan kelinci karena kandungan gizi yang dimilikinya.

Lokasi: Batuputih Laok, Kec. Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar