7 Cara Menjinakkan Kucing agar Mudah Diajak Bermain


1. Berikan waktu untuk beradaptasi

Saat pertama kali membawa kucing pulang ke rumah, berikan mereka kesempatan untuk beradaptasi dan mengenal lingkungan barunya. 

Tahan keinginan kamu buat segera bermain dengannya ya, Ruppers. Dengan mengenal lingkungannya, kucing akan lebih mudah merasa nyaman dan aman berada di rumah yang baru. 

2. Membiarkannya melakukan pendekatan terlebih dahulu

Pada dasarnya, kucing memiliki sifat penasaran yang tinggi. Jika kamu membiarkannya, ia akan lebih tertarik untuk mencari tahu dan menghampiri dengan sendirinya. 

Nah, saat kucing mulai mendekati kamu, manfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan kesan positif dengan mengelusnya secara lembut. Berilah perhatian kepada kucing yang menunjukkan bahwa kamu dapat dipercaya.

3. Memancingnya dengan makanan atau mainan kucing

Pasti kamu sudah tahu kalau kucing adalah hewan yang sangat suka bermain dan terkadang sering mencuri makanan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kedua hal tersebut untuk mendekati mereka. 

Siapkan makanan di tangan kamu atau gunakan mangkok makan kucing. Lalu, secara perlahan kamu bisa mendekatkan makanan tersebut kepada mereka dan ia menghampirinya. Lakukan juga hal serupa dengan menggunakan mainan kucing.

Kamu bisa melakukannya secara rutin agar kucing lebih mudah percaya dan senang menghabiskan waktu bersama kamu.

4. Hindari membuatnya takut atau gugup

Selanjutnya, hindari membuat tingkah atau suara yang membuat kucing ketakutan, seperti suara teriakan, musik yang terlalu kencang, membanting, dan suara keras lainnya. Hal tersebut akan membuat kucing langsung kabur dan mencari tempat bersembunyi.

Saat memelihara kucing, usahakan untuk tidak membentaknya dan membuat suara terlalu berisik di rumah. Bersikaplah dengan lembut agar kucing merasa nyaman bersama kam

5. Hargailah ruangnya untuk bergerak

Bila kucing sudah mulai percaya, bukan berarti kamu dapat selalu bermain bersamanya ya, Ruppers. 

Ada kalanya kamu harus membiarkan mereka sendiri untuk bersembunyi saat merasa takut, gugup, atau lelah. Buatkan kandang kucing yang nyaman dan bersih sebagai tempatnya bersembunyi.

Jika kamu mengganggu ruang geraknya, kucing bisa menjadi sangat galak karena ingin melindungi diri mereka sendiri.

6. Sering mengelus lembut dan menggendongnya

Kucing adalah hewan yang sangat manja dan senang jika diperhatikan. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk mengelus bulunya dan menggendongnya. 

Cara menjinakkan kucing satu ini bisa membuat mereka merasa disayang dan semakin percaya kepada kamu. Mereka juga menjadi sangat aktif dan lucu karena suka menghabiskan waktu bersama kamu.

7. Ajak bermain dan jalan-jalan sesekali

Jika kucing terlihat sudah mulai akrab, cobalah untuk mengajaknya bermain dan jalan-jalan. Kamu dapat menggunakan alat laser agar kucing bermain dengan menangkap cahayanya tersebut.

Selain itu, kamu bisa menggunakan mainan bulu-bulu kucing yang sangat disukai kucing. Jangan lupa untuk mengajaknya jalan-jalan keluar rumah sesekali agar kucing tidak stres.



Lokasi: Batuputih Laok, Kec. Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar