6 Tips Mudah Merawat Kura-Kura di Rumah

1. Persiapkan Kandang Sesuai Kebutuhan

Tips pertama dalam merawat kura-kura adalah mempersiapkan kandang yang mumpuni. Baik dari segi ukuran dan fasilitas di dalamnya. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kura-kura menghabiskan sebagian besar waktunya di air. Jadi, pastikan fasilitas tersebut tersedia. Sebagai media daratan, kamu bisa menempatkan batu-batu di sekitarnya.

2. Penuhi Asupan Nutrisinya

Sama halnya dengan hewan lainnya, kura-kura juga membutuhkan asupan makanan yang baik guna menjaga kesehatannya. Makanan yang cocok diberikan adalah pelet khusus. Selain itu, kamu juga dapat memberikan ikan atau daging yang sudah dicincang. Boleh-boleh saja jika ingin memberikan dedaunan, tetapi jika kura-kura terlihat diare, segera hentikan pemberiannya.

3. Pastikan Kesehatannya Terjaga dengan Baik

Menjaga kesehatan kura-kura bukan hanya dilakukan dengan memberikan asupan bernutrisi saja. Sebelum memeliharanya, kamu perlu mengetahui jika kura-kura merupakan hewan yang rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan jika terjadi perubahan warna pada cangkang, mata, hidung, atau mulutnya. Kondisi tersebut bisa jadi pertanda adanya infeksi pada kura-kura.

4. Menjaga dan Mengukur Temperatur Sekitar Kandang 

Kura-kura menjadi salah satu hewan yang tidak bisa hidup di lingkungan bersuhu dingin. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan temperatur suhu di sekitar lingkungan tempat tinggal kura-kura. Kura-kura bisa ditempatkan di dalam ruangan, agar suhu tubuhnya selalu sesuai dengan suhu ruangan

Suhu yang cocok untuk kura-kura spesies tropis sekitar  26.7-31 derajat Celsius, sedangkan untuk spesies gurun sekitar 29.4-35 derajat Celsius. Sementara itu, untuk kura-kura yang hidup di air, temperatur airnya berkisar  26.1-31.1 derajat Celsius”

5. Pastikan Kandang Terkena Sinar Matahari

Disarankan untuk menempatkan kandang kura-kura pada area yang terkena sinar matahari, sehingga dapat memperoleh penerangan dengan baik. Usahakan agar kandang terkena sinar lampu pada malam hari untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Hal tersebut juga yang menjadi manfaat menaruh bebatuan di tempat tinggal kura-kura, agar ia tidak selalu berada di air. 

6. Menjemurnya secara Rutin

Setelah menaruh bebatuan di tempat tinggal kura-kura, ada hal lain yang perlu dilakukan, yaitu menjemurnya secara rutin. Tidak perlu dilakukan setiap hari. Kamu disarankan untuk menjemur setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Lama menjemur bisa dilakukan antara 15-30 menit. Disarankan agar kura-kura terkena sinar matahari secara langsung. Sama halnya dengan manusia, disarankan untuk menjemur kura-kura pada pagi hari saat matahari sedang hangat-hangatnya.

Lokasi: Batuputih Laok, Kec. Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

1 komentar: