Jenis Makanan Kesukaan Kucing

1. Telur

Jenis makanan kesukaan kucing yang sehat dan penuh gizi adalah telur. Seperti yang diketahui, telur merupakan salah satu bahan pangan yang dapat dengan mudah ditemui. Sebab, banyak toko hingga warung yang menjajakan telur ayam dalam jumlah besar.

Selain mudah ditemui, harganya pun cukup terjangkau. Nah bagi Anda pecinta kucing, memberi asupan hewan kesayangan dengan telur ternyata dapat dilakukan.

Caranya, cukup pastikan telur dimasak terlebih dahulu sebelum Anda berikan kepada si kucing. Jika mentah, telur justru dapat membahayakan tubuh kucing.

2. Daging

Selain itu, jenis makanan kesukaan kucing yang selanjutnya adalah daging. Daging juga merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh kucing peliharaan Anda.

Bagi kucing, protein dalam jumlah banyak diperlukan untuk memelihara kesehatan jantung, sistem reproduksi, serta penglihatan.

Untuk jenisnya, Anda dapat memilih daging sapi, ayam, atau kalkun. Tipsnya, hindari daging berlemak serta mentah karena dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan kesehatan.

3. Ikan

Makanan kesukaan kucing yang paling dikenal selanjutnya adalah ikan. Dalam setiap ikan disebut memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu ikan untuk meningkatkan kesehatan mata hingga jantung.


Berbagai ikan pun rasanya tepat untuk diberikan kepada kucing kesayangan Anda. Namun banyak yang menyebut jika ikan tongkol atau tuna menjadi ikan kegemaran dari para kucing.


Tipsnya, cukup berikan daging ikan yang telah matang. Ikan yang cenderung masih mentah seperti yang terdapat pada sushi justru dapat membuat kucing menjadi sakit.


4. Keju

Selain ketiga sumber pangan tersebut, makanan kesukaan kucing selanjutnya ialah olahan susu seperti keju. Seperti yang diketahui, keju merupakan salah satu bentuk olahan susu yang memiliki kadar protein tinggi.

5. Labu Rebus

Meski cenderung karnivora atau hewan pemakan daging, namun kucing juga dapat menyantap berbagai jenis sayuran. Hal ini lantaran kucing perlu mendapatkan serat pangan untuk mengolah makanan di saluran cerna.


Salah satu makanan kesukaan kucing selanjutnya dalam jenis sayuran ialah labu rebus. Labu yang memiliki warna oranye cenderung memiliki kandungan serat cukup tinggi.


Sebelum memberikannya kepada kucing, maka labu wajib direbus terlebih dahulu. Lebih baik lagi jika labu rebus tersebut dilumatkan terlebih dahulu agar si kucing dapat dengan mudah mencerna.

Tips Memberi Makanan Kesukaan Kucing

Selain jenis makanan, hal lain yang perlu Anda ketahui ialah tips penting mengenai makanan kesukaan kucing. Sebelum memberi asupan gizi kepada si hewan menggemaskan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.


1. Beri Makanan dengan Suhu Normal

Berikan asupan makanan kepada kucing dengan suhu normal. Artinya, pastikan makanan yang hendak dikonsumsi kucing tidak dalam suhu beku atau terlalu panas. Biasanya, kucing menyukai makanan yang sesuai dengan suhu tubuh mereka sendiri yakni pada kisaran 38-39 derajat Celcius.


2. Pilih Makanan yang Memiliki Aroma Kuat

Selain itu, pilih juga makanan yang sekiranya memiliki aroma paling kuat. Dengan hal ini, Anda dapat memanggil si kucing tanpa perlu banyak usaha. Hal itu lantaran kucing terbiasa menggunakan indera penciuman untuk mengendus makanan dengan 45 hingga 200 juta reseptornya. Nyatanya, kucing akan lebih menikmati makanan usai berburu dengan inderanya.


3. Beri Makanan Pada Posisi yang Tepat

Selain itu, berikan pula posisi yang nyaman dan tepat bagi si kucing untuk menikmati makanannya. Sama halnya dengan manusia, kucing pun juga butuh kenyamanan saat makan. Di antaranya seperti diletakkan pada wadah yang bersih, dijauhkan dari keramaian, dan lain sebagainya.

Membuat Makanan Kesukaan Kucing di Rumah

Bahan:


Siapkan ikan tongkol rebus dan suwir-suwir dalam ukuran kecil.

Persiapkan wortel segar yang telah diparut

1/3 cangkir oatmeal masak.

Cara Membuat:


Campur ketiga bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk hingga merata.

Makanan kucing anggora buatan sendiri siap disantap.

Simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas agar tahan lama, sekitar kurang lebih 3 hari.

Sebelum memberikannya kepada si kucing, ada baiknya untuk dipanaskan hingga suhu normal terlebih dahulu.

Lokasi: Batuputih Laok, Kec. Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar